Info Terkini

Rabu, 01 Agustus 2018

Ternyata ! Pasang Busi ada Teknik Khususnya, Tidak Bisa Sembarangan

Ternyata ! Pasang Busi ada Teknik Khususnya, Tidak Bisa Sembarangan

Halo bossku, salam busi racing 😎

Siapa disini yang dikit-dikit beli part motor ada embel-embelnya racing ? Ngaku dah boss.... hahaaa

Orang pikir, busi adalah komponen yang murah dan nggak perlu terlalu dipikirkan perawatan sampai bahkan saat penggantiannya pun asal-asalan tanpa pengukuran yang presisi.

Dan cara pemasangan yang tidak tepat membuat busi cepat rusak, apalagi pemasangan dan pengencangan dilakukan secara asal-asalan.

Resiko Pemasangan Busi Terlalu Longgar


Kalau terlalu longgar, bikin kompresi bocor, jelas karena adanya jelas antara busi dan kepala silinder bosskuu.

Busi yang longgar juga rawan overheat, pastinya karena perpindahan panas jadi tidak maksimal.

Ada lagi bossku.

Dampak lainnya, kalau busi dipasang longgar bisa berdampak rusak atau terlepas dari kepala silinder efek getaran mesin ketika dihidupkan (jarang terjadi sih boss).


Resiko Pemasangan Busi Terlalu Kencang

Ada juga boss resikonya.

Metal shell akan mengalami tekanan diluar batas aman akibat torsi yang berlebih, yang bikin busi patah pada bagian ulir-ulirnya.

Nah kalau sampe apes dan kejadian begitu, patahan busi bakalan tertinggal di kepala silinder.

Jelas ente tau apa yg akan terjadi boss ?
Ribet sangat bukan boss ?😅


Lalu Gimana ? Serba salah dong kalau ganti busi sendiri boss ?

Buat meminimalisir kejadian diatas, pengencangan busi perlu diatur sesuai pengaturan torsi yang tepat.

Busi itu mempunyai ukuran yang berbeda-beda, ini yang menyebabkan perbedaan pengaturan torsi.

Cara paling mudah dan pasti pas adalah pakai kunci torsi boss, yang sudah diatur nilai / angka ukurnya sebelum dipakai mengencangkan busi.

Tapi ? Modal lagi dong beli kunci torsi yang harganya bisa berpuluh-puluh kali dari busi ?😂

Sebagai perkiraan pengencangan busi agar tetap pada batas aman.

Cukup putar sekitar 180 derajat sampai 240 derajat, itu sudah cukup untuk menghindari busi lepas dan tidak terlalu kencang.

Petunjuk pengencangan semua tipe busi dapat dilihat pada bagian belakang bungkus busi yang disesuaikan dengan tipenya masing-masing. 

Ini bertujuan untuk lebih memastikan bahwa setiap tipe busi dibedakan berdasarkan bentuk diameternya.


Akhir kata... 


Itulah kenapa sebabnya banyak ditemui beberapa orang yang ngeluh busi-nya cepat rusak, mungkin mereka nggak sadar terakhir servis di bengkel yang pasang busi-nya asal tanpa mengikuti pengukuran yang proposional.

Bukan masalah kualitas busi-nya atau di kasih busi bekas sama bengkelnya.

Saran ane sih, servislah motor berkala di bengkel resmi aja boss, kalau di bengkel non-resmi bisa cari yang recomended lah 😁

Petunjuk ini sangat cocok buat ente yang belum tau sama sekali cara pasang busi yang baik, benar dan aman. Bukan buat para suhu-suhu dan master modifikator ya 😅

Salam modifikasi salam satu aspal lurrr.....

Refrensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar