Info Terkini

Kamis, 02 Agustus 2018

Handle Rem Keras ? Awas ! Ini Resikonya


Citttt....... Kira kira begitu suaranya ketika motor Ninja mendadak di rem ketika dipacu 100km/h lalu tiba tiba ada lubang besar didepan mata 😂

(kira kira begitu kalau rem masih sehat dan dapat berhenti sempurna pada waktu yang tepat)

Apa kabar boss-boss pecinta modifikasi motor ! salam rem motor berdecit 😎

Sekarang ngebahas soal bagian yang sakral dari motor, yakni rem.

Rem itu ane gambarkan bagaikan "pelindung nyawa" ente boss, gimana enggak  ?

Kalau rem nggak berfungsi tiba-tiba, ada nyawa terancam ketika motor berpacu kencang dan tidak bisa dihentikan.

Sama halnya kalau handle rem keras bossku, walau sekilas fungsinya aman dan kendaraan bisa di rem, tetapi hal itu nggak bisa dianggap sepele.

Kalau handle rem sudah tidak nyaman digunakan alias keras ketika handle rem ditarik.


Biasanya nih, kejadian di motor yang jarang dilakukan perawatan.

Pernah nih nyobain motor supra fit, handle rem-nya keras, tapi masih pakem banget nge-rem nya, bagus sih, tapi sungguh sulit kontrolnya kalau mau ngerem mendadak boss.

Misal tiba tiba ada polisi tidur, mau ngerem agak dalam, jadi was-was karena kontrol rem-nya jadi sulit dan kalau terlalu dalam menarik handle rem, bisa beresiko oleng.

Penyebab dan Solusi

Penyebab

Jelas banget boss, motor yang jarang diberi perawatan / servis rutin, umumnya pelumas yang biasa disemprotkan ke bagian handle rem, pengunci jok, juga bagian-bagian lain yang rawan karat itu jadi kering.

sumber : https://moladin.com/blog/rem-cakram/
Begitu juga piston di bagian master rem udah kotor dan sudah saatnya dibersihkan, lalu diberi pelumas di sekitarnya.

(jadi kelihatan biasanya kalau motor jarang perawatan, handle rem-nya keras)

Penyebab utama biasanya itu hujan boss, sejenis jamur, muncul akibat reaksi oksidasi karena kelembabapan yang tinggi, yang menempel pada komponen di master rem.


Solusi

Nah boss, makannya sangat disarankan ketika musim hujan selesai, motor segera dibawa ke bengkel buat perawatan dan pembersihan noda-noda akibat hujan.

Sepele kan boss ? Karena jarang perawatan motor, bisa mengakibatkan kerugian yang lebih besar daripada harga perawatan motor itu sendiri 😁

Buat mengatasi sendiri, ente juga bisa kok boss.

Tinggal lepas pengait master rem, lalu lepas penutup piston dan bersihkan piston yang ter-oksidasi / jamur tersebut pakai cairan anti karat yang biasa digunakan bengkel untuk melumasi rantai.

(biasa disebut chain lube / WD-40)

Setelah selesai dibersihkan, bisa dipasang kembali seperti semula dan dicoba boss.

Cukup mudah bukan boss ? Dengan demikian handle rem ente bisa terasa lebih empuk dan penggunaan rem akan lebih stabil.

TAPI !! Kalau masalah tidak kunjung tuntas, berarti bukan terdapat di bagian master rem-nya boss bisa saja kabel rem atau bagian lain dari rem motor ente, ane saranin kalau sudah diluar kemampuan ente segera bawa saja ke bengkel resmi / bengkel kepercayaan ente 😁

Salam safety riding, salam satu aspal, salam modifikasi dari jogja 😎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar