Info Terkini

Senin, 13 Agustus 2018

Memperbaiki Suara Knalpot Motor Meledak atau Nembak


Apa kabar para penderita knalpot bersuara duar-duarrr 😂

Semoga ente semua tidak dalam stress memikirkan knalpot "cerewet" atau kalo lagi mengalami, semoga artikel ane kali ini membantu ente ya boss.

Suara knalpot nembak ini nih bikin jalanan jadi rame boss, apalagi waktu berhenti di lampu merah semua mata langsung mencari-cari motor siapa yg berisiknya mengejutkan jantung itu hahaaa...

Banyak faktor yang menyebabkan suara meledak muncul dari knalpot.

Kita perlu ketahui dulu penyebab paling umumnya boss, mari disimak boss pembabaran dibawah ini.

Bacalah dengan saksama dan teliti pak boss 😁


Penyebab Knalpot Nembak

Busi

credit to indomoto.com

Dari langkah yang paling mudah nih boss, cek busi.

Cek apakah busi sudah kotor atau terdapat banyak kerak hangus-hangus, jika tidak bisa dihilangkan atau terlalu parah, terlihat hangus-penuh karat segera ganti aja bossku.

Atau umur busi sudah habis / kepala businya aus.

Di ingat-ingat juga, kalau baru ganti busi lalu knalpot nembak, bisa jadi spesifikasi busi tidak cocok dengan motor atau kesalahan pemasangan busi.

Filter Udara / Air Filter

credit to kompas.com

Filter udara yang kotor atau sudah tidak layak pakai, menyebabkan aliran udara menuju ruang pembakaran menjadi terhambat, intinya bikin pencampuran bahan bakar dengan udara jadi tidak proposional.

Dan akhirnya sisa bahan bakar terbawa ke knalpot dan duaaarrr....

Filter udara bisa dibersihkan, biasanya pada bengkel motor Honda, pembersihan ini dilakukan sepaket dengan servis / perawatan.

Tapi ada juga boss filter udara tipe basah, mau nggak mau kalau sudah tidak berfungsi baik filter model ini harus diganti, seperti filter udara pada Mio / Mio Soul.

Cek Setting-an dan Kondisi Karburator (pada motor karburator)

credit to indomoto.com

Putar aja boss air-screw / baut yang mengatur campuran udara dan baut yang mengatur percampuran bensin pada bagian karburator.

Putar searah jarum jam dan lakukan uji coba sampai knalpot berhenti nembak.

Saran ane sih, kalau belum berpengalaman mending suruh bengkel aja boss atau cari refrensi dan pelajari dulu teknik setting karburator yang tepat.

Juga cek kebersihan karburator, bisa bersihkan menggunakan carb cleaner boss.

Cek juga pada bagian main jet, pilot jet, dan bagian lainnya.


Bersihkan Sistem Injektor (pada motor injeksi)


Bisa bersihkan filter fuel pump dan jalur bahan bakar cara paling pasti dan tepat buat bersihin bagian bagian inti pada motor injeksi adalah kuras tangki boss.

Sepertinya bukan pekerjaan mudah boss kalau dilakukan sendiri, kalau ente nggak mau ribet, serahkan ke bengkel terdekat 😁


Air Induction System (AIS)

credit to agusalfa.com

Ane jelasin dulu fungsinya boss, berfungsi menyalurkan udara bersih ke saluran pembuangan untuk membuat hasil sisa / pembuangan menjadi lebih ramah lingkungan.

Cek apakah pada bagian AIS terdapat aus atau kotoran atau karat parah.

Atau dalam keadaan "malas kebengkel" bisa tutup lubang AIS-nya aja boss, bisa pakai grenjeng / perekat logam / alumunium foil atau apapun sejenisnya untuk menutupnya.

Tapi ane nggak saranin boss buat menutup AIS-nya, demi masa depan yang lebih hijau heheee 😅


Selang Bahan Bakar dan Sistem-Jalur Pengapian Lainnya

credit to motorplus.gridoto.com

Cek ada kebocoran atau sobek-sobek nggak bossku.

Sistem pengapian yang tidak baik, bikin pasokan listrik nggak stabil, hasilnya knalpot nembak saat RPM turun, motor habis lari lalu kita lepas gas / turunin gas.

Ente harus cek aki, CDI, koil, spul dan magnet, bossku.


Knalpot Bocor / Tidak Standar


Biasanya terjadi pada usia motor yang sudah tua atau motor yang sering diajak touring lewat tempat berlumpur lalu jarang dicuci.

Jika ada kebocoran diknalpot, bisa lakukan penambalan atau jika sudah cukup parah gantilah knalpot.

Bisa jadi juga boss penyebabnya karena knalpot ente tidak standar pabrik atua knalpot custom yang ente pasang tidak cocok dengan motor ente.


Lalu ? Simpel-nya Aja Gimana Boss ? Terima Jadi !!

Bawa kebengkel boss 😁

Salam safety riding, salam satu aspal boss buat para riders.

Rawatlah motor ente, supaya nyaman kemanapun ente pergi boss.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar