Info Terkini

Jumat, 31 Agustus 2018

Cara yang Benar Memasang Kanvas Rem Cakram Belakang

Cara yang Benar Memasang Kanvas Rem Belakang Belakang

Rem belakang adalah bagian terpenting dalam mengerem bossku.

Kenapa penting ? Karena rem belakang ini adalah tumpuan penghenti laju kendaraan utama !!

Bukan rem depan, karena kalau dalam keadaan motor lagi lari, lalu mendadak rem depan tanpa dikombinasi rem belakang, bisa terjadi slip dan oleng motornya boss.

(beda cerita kalau pakai rem ABS, mungkin lebih stabil)

Ketika kampas sudah habis, kerap kali terjadi ada kesalahan prosedur pemasangan pada kampas rem belakang cakram ini.



Kesalahan FATAL Proses Pemasangan Kanvas Rem Belakang Cakram

Kesalahan FATAL Proses Pemasangan Kanvas Rem Belakang Cakram

Kenyataan dilapangan, banyak mekanik motor yang salah dalam prosedur penggantian kanvas rem belakang.

Pada saat penggantian, kaliper TIDAK DIBUKA dari dudukannya.

Dalam kenyataanya, ada bagian part kaliper sendiri yang perlu perawatan.

Diberi gemuk dan dibersihkan, seperti bagian as floating kaliper.

Kenapa ? Karena masalah kepraktisan aja bossku, karena perlu membongkar as roda belakang dan tentunya memakan waktu, padahal hanya mengganti kanvas rem !!

Terlebih lagi model motor keluaran terkini yang kaliper dan dudukannya menyatu.

Antara lain CBR150R, Vixion, Supra X125, dan berbagai motor sejenisnya.



Dampak Jika Salah Prosedur dalam Penggantian Kanvas Rem Cakram

Jelas, apapun yang tidak sesuai prosedur berpotensi menimbulkan masalah atau resiko boss.

Masalah yang muncul antara lain adalah rem belakang jadi seret / berat dan putara roda belakang jadi berat juga.

Sewaktu penggantian kanvas rem, jika bagian kaliper tidak dibersihkan maka akan banyak kotoran disana dan grease / gemuk akan kering kemudian hari.

Termasuk As floating kaliper, part yang ada karet sebagai pembungkusnya.

Fungsi as floating kaliper ini adalah sebagai jalur kaliper bergerak.

Jelas !! Kalau disitu sudah banyak kotoran dan grease-nya kering pastinya bakal menghambat fungsionalitas rem, alias seret / berat, karena pergerakan kaliber jadi tidak mulus.



Jadi ?

Jadi boss-bossku semuanya, cara yang benar untuk tahapan penggantian kanvas rem belakang adalah bongkar terlebih dahulu kalipernya. lalu bersihkan dan lumasi ulang bagian as floating-nya.

Setelah itu baru pasang kanvas rem belakangnya, jangan terbalik, kalau terbalik langkahnya kerap kali lupa ðŸ˜….

Oiya, itu juga berlaku pemasangan kanvas rem depan bossku !!

(hanya saja kasus seperti ini lebih sering terjadi dengan rem belakang cakram)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar