Info Terkini

Senin, 20 Mei 2019

Tulisan Angka 46 di Speedometer Yamaha

Tulisan Angka 46 di Speedometer Yamaha

Waduh... apaan itu angka 46 di speedometer boss ? Tanda sponsor yang muncul soalnya motor ini di promosiin (ambassador) sama Valentino Rossi si The Doctor nomor 46 itu ?

Bukan pak bossku ðŸ˜‚

Munculnya kode 46 menunjukan adanya masalah pada motor ente boss.

Kode 46 Yamaha : Masalah Kelistrikan di Kiprok Motor

kode error 46 yamaha masalah kiprok

Yup masalahnya ada di kiprok bossku.

Apa sih kiprok itu boss ? Simple-nya gini. 

Kiprok itu sebagai penstabil arus dan tegangan dari spul sebelum dialirkan ke aki.

Penyebab

Penyebab yang sering terjadi adalah kepanasan alias motor sering diajak lari RPM tinggi dan membuat kiprok bekerja lebih keras.

Karena sering digeber RPM tinggi dalam waktu yang lama, menghasilkan panas berlebih dan kiprok cepat aus (apalagi kalau tidak original). Ada baiknya kalau sudah jalan agak jauh motor di istirahatkan sebentar, apalagi kalau jalan jauh di siang yang terik boss.

Kemasukan air atau lembab disekitar kiprok, bisa jadi karena bagian socket kiprok kemasukan air saat melewati hujan badai deras, banjir atau saat pencucian motor dengan semprotan air bertekanan tinggi yang nggak sengaja tepat di bagian kiprok.

Faktor usia dan kualitas kurang bagus walau ori, ini faktor yang nggak bisa dihindari boss kalo lagi apes ðŸ˜…  Ada kasus yang kiprok baru beli udah mati beberapa bulan kemudian, ada yg motornya udah cukup tua lebih dari 5 tahun tapi aman-aman aja kiproknya.


Dampak atau Efek Kirpok Rusak (Kode Error Spidometer 46)

lampu sering putus gara gara kiprok

Dampaknya lumayan juga bossku kalau didiamkan dalam waktu yang cukup lama, dompet ente bisa terkejut nantinya.

1. Aki tekor karena tidak stabilnya arus yang dikonversikan dari sepul ke kiprok. Karena suplai daya voltase yang diterima aki rendah, sehingga aki cepat tekor.

2. Overcharge, kelistrikan jadi tidak stabil / kelebihan voltase, lampu sering putus apalagi kalau abis digeber RPM tinggi langsung putus, sudah pasti itu masalah di kelistrikan !

Dan suara mesin kasar karena overcharge karena sistem pengapian menerima voltase yang terlalu tinggi menyebabkan percikan api busi menjadi tidak stabil.

3. Motor mogok dan tidak bisa distarter, nah ini yang parahnya boss, apes banget dah kalo sampe ngalamin. Si kiprok sekarat dan aki sama sekali kehabisan daya sama sekali.

Kontak posisi hidup, tapi speedometer dan lampu sama sekali tidak mau hidup.

Kalo udah sama sekali nggak ada listrik, motor sama sekali nggak bisa dihidupkan.


Cara Mengetahui Kondisi Kiprok Rusak atau Tidak

Cara Mengetahui Kondisi Kiprok Bagus atau Tidak

Cara nya simpel boss.

Nyalakan motor dan diamkan dalam kondisi stasioner dalam beberapa menit (sekitar 3-5menit). Kemudian sentuh kiprok, jika hangat dan semakin memanas artinya kiprok masih berfungsi.

Kalau dingin artinya kiprok nggak berfungsi lagi boss.

Tapi pastikan dulu sebelum ganti kiprok, kalau socket kiprok, aki dan sepul terhubung sempurna / tidak ada kendor.

Sekian informasinya bossku, semoga bermanfaat dan safety riding selalu, salam satu aspal dari plat AB bossku ðŸ˜Ž

Tidak ada komentar:

Posting Komentar