Info Terkini

Rabu, 24 Oktober 2018

Cara Mengetahui Ban Motor yang Mulai Aus / Tidak Layak Digunakan

Sumber : federaloil.co.id
Awas jalan licin boss !! Walau kagak hujan jika melewati jalan yang basah atau berpasir, ban yang udah aus meningkatkan resiko ente tergelincir boss.

Dengan harga ban yang "cuma" berkisar 100-300 ribu an, kalau telat diganti dan bikin ente kenapa-napa dijalan, bisa bikin dompet ente menderita boss, apalagi kalau sampe ganti part motor lain karena tergelincir parah.

Nah sekilas sangat mudah melihat ban motor aus atau tidak.

Ya...... kalau udah parah banget sampe gundul kinclong itu gampang banget boss liatnya, sekilas udah keliatan 😂

Kalau masih tahap aus awal ? Dan sebenarnya secara teknis dan cara "keren" nya ngelihat ban aus itu bagaimana ?

Lanjut baca boss !!

Cara Mengetahui Tingkat Ke-ausan Ban Motor

1. Ulir Ban


Akan terlihat ulir-ulir atau kembangan ban mulai rata atau kedalamannya sudah berkurang dari aslinya, alias dangkal atau rata. Bisa diukur dengan jari, dengan membandingkan ulir yang masih bagus (pada motor lain / ban sisi satunya).

Kalau sudah cukup parah, ulir-ulir sampai tidak kelihatan lagi dan jika diraba akan terasa agak rata.

*Begitu juga dengan serabut-serabut tipis pada ban, yang pastinya mengikuti, jika sudah mulau aus ulirnya, biasanya serabutnya sudah tidak ada / tinggal tersisa sedikit sekali



2. Segitiga Ban


Logo / tanda segitiga ban yang biasanya terdapat pada sisi kanan / kiri ban untuk indikator ke-ausan ban.

Cara melihatnya mudah, jika tanda segitiga sudah mulai tersentuh atau terkikis, artinya ban sudah mulai aus.


Bisa juga dengan menarik lurus garis dari logo segitiga ke ulir ban, maka akan ada tonjolan pada ulir ban. 

Pada ban yang masih baik tonjolannya lebih tinggi daripada segaris lurus tanda segitiga tersebut, jika sudah mulai segaris maka ban mulai aus.



Lalu ? Bagaimana Cara Mengantisipasi Supaya Ban Tidak Cepat Aus

Cara paling pastinya adalah dengan menjaga tekanan angin selalu optimal boss, agar ban tidak bekerja terlalu ekstra disaat menghadapi medan yang berbeda-beda.

Juga perhatikan gaya berkendara ente, perhatikan disaat berada pada jalan bergeronjal, sebisa mungkin dihindari dan beralih ke jalan beraspal.



Video

Ada juga boss versi videonya, bagi ente yang langsung lebih suka dengan melihat langsung step-by-stepnya.


Refrensi
Video credit to MOTOR Plus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar