Info Terkini

Kamis, 31 Mei 2018

Tips Aman Modifikasi Motor



Memodifikasi motor sudah sejak jaman angkatan tua (mohon jangan tersindir😅) angkatan 80an. Tetap selalu eksis dan dirasa sangat perlu bagi sebagian orang, sampai-sampai ada yang terlalu ngotot bossku..

Baru beli motor - keluar dealer - belum sempat cobain tu motor seharian penuh - udah kena modif aja dibawa ke ahli modif 😎
(greget memang, betulan ada boss orang kayak gitu)

Namanya hobi dan selagi itu sah-sah saja, oke lakukanlah bossku.

Hmmm.... Tapi makin hari, mulai muncul generasi "ngawur" yang nggak punya etika modifikasi motor yang beresiko mengancam keselamatan nyawanya sendiri bahkan nyawa orang lain.

Ah... Itu lupakan saja bossku, kali ini fokus kita tips supaya modif kita lolos dari gigitan razia polisi. 😁

Gambar diatas sudah menjelaskan banget bossku, cuma ane akan tambahin penjelasannya.

Mari disimak. 😬

4 Tips Aman Modifikasi Motor agar Anti Tilang (Biar aman dari Polisi Juga)

1. Jangan mengubah rangka


Lho boss... Ini kan motor-motor ane, kok nggak boleh ubah rangka ??

Tau bossku. 

Gimana kalo ente menemukan orang dijalan dengan motor seperti gambar diatas boss ?

Apa yang akan muncul dipikiran ente pertama kali ?

Jawab didalam hati aja 😂

Yang dimaksud rangka adalah perubahan dimensi motor yang diluar batas wajar dan perubahannya pun menimbulkan suatu resiko atau membuat fungsi motor aslinya berubah.

Dan ingat juga bossku, pada rangka motor ente semuanya itu ada nomor seri-nya dan ada Undang-Undang (UU) yang mengatur tentang hal itu.

Tentu pemerintah membuat aturan tersebut, semua ini juga demi kebaikan kalian bossku 😃

2. Ikuti Peraturan Penggantian Warna Motor


Ganti warna motor itu nggak semudah ganti warna foto pake program komputer alias photoshop 🤣

Perlu waktu, tenaga, uang, bahkan kalau ada salah perlu revisi hahaha...

Pastikan bossku kalau ganti warna motor itu sesuaikan dengan warna asli motor yang tertera di STNK.

Lah.... misal mau ane tambahin warna warni gimana bossku ?

Bisa kok bossku, asal warna dominan (terbanyak) tetap warna asli. 

Misal motor ente merah, lalu ente ganti body dengan warna merah-kuning-hijau, pastikan warna merahnya lebih banyak daripada warna kuning dan hijau boss.

3. Modifikasi Mesin ? Ane saranin jangan boss


Para pejantan jalan raya, pasti tau lah rasanya, nikmatnya, sensasinya ketika merasakan motor yang dulunya ditarik berat setelah main ke ahli mesin kesayangan.

Jadi berasa bawa motor gede, enteng banget tarikannya.

Modif mesin sih boleh-boleh aja, tetapi tetap dengan merk dan seri yang sama.

Berarti masuk kategori tune-up aja bossku, nggak terlalu ngefek, kan bukan upgrade mesin. 😀

Ini demi keamanan dan kenyamanan bersama aja bossku, karena jalan raya milik bersama.

4. Modif Knalpot Bikin Joss Bossku, Tapi ada Batasnya !


Foto diatas itu udah menjelaskan kok boss 😂

Kalo modif knalpot ada batasnya ya bossku nih ada di foto dibawah ini.


dB(A) sebut saja ambang batas kebisigan bossku.

Jaman sekarang udah canggih nih bisa tes tingkat dB(A) pakai aplikasi android Sound Meter.

Memang tingkat ke akuratan-nya berbeda setiap HP, tetapi setidaknya bisa lah buat mengukur ambang batas wajar.

Dan yang pasti kalau telinga udah sakit dan penggunanya motor bebek, udah jelas itu knalpot minta kena begal sama polisi 😅

Tidak bisa dipungkiri sih boss, knalpot memang keren banget, tapi bagi yang ingin cari aman, silahkan dituruti aturan yang sudah ada.

Kesimpulan

Modif motor itu memang asik banget, mulai sejak kita remaja aja udah banyak tuh anak-anak yang duitnya sisa-sisa.

Rela dihamburkan begitu saja buat dapetin motor idaman, versi dirinya.

Itulah mengapa modifikasi motor perlu diberi aturan, supaya tidak melewat batas dan mengganggu sesama pengguna jalan raya.

Akhir kata terima kasih bossku dah mampir di postingan ini, salam modif dan salam satu aspal 😎

Tidak ada komentar:

Posting Komentar